Social Icons

24 Aug 2015

5 Cara Agar Blogger Pemula Cepat Dikenal

Menurut saya secara pribadi, bukan hal yang sulit untuk menjalin pertemanan dengan sesama blogger dimana pun Anda berada. Dalam hal ini blog bisa digunakan sebagai personal branding kita juga kan. Dan ini beberapa hal yang menurut saya perlu diperhatikan agar si pemula cepat dikenal diantara sahabat blogger lain:
1. Nama Blog

Pilihlah nama blog yang gampang diingat. Yang paling sering dipilih ya memakai nama sendiri. Sekali lagi, untuk personal branding. Hindari pemakaian angka, tanda pisah (-) atau simbol-simbol lain sebagai alamat blog. Karena kita cenderung sulit mengingatnya. Mungkin saja angka-angka itu sangat berkesan untuk kita, tapi bukan untuk orang lain kan?

Karena dari pengalaman saya, saya cenderung akan mengetikkan alamat blog yang saya hapal ketika akan blogwalking. Karena kadang malas aja harus membuka blog sendiri untuk melihat link-link sahabat lain yang sudah saya tempatkan di side bar. Apalagi kalau online lewat handphone.


2. Memakai Nama yang Sama

Memakai nama yang sama untuk blogwalking ke blog sahabat dan juga memakai nama yang sama untuk akun Facebook dan Twitter itu penting loh. Dulu ketika saya masih memakai nama asli di akun Facebook dan nama pena (Esti Sulistyawan) untuk meninggalkan komentar di blog sahabat. Jarang ada yang ngeh, kalau dua nama itu adalah orang yang sama. Bahkan pernah kejadian, seorang sahabat yang sudah sering saling berbalas komentar, ketika saya sapa di Facebook, dia gak kenal *hiks.

Kemudian saya berinisiatif mengganti nama Facebook dengan nama pena yang biasa untuk blogwalking. Setelah itu mengganti alamat blog dengan nama yang sama. Hasilnya, wuiih…sahabat-sahabat blogger lain jadi cepat akrab gitu deh. Dan ketika saya membuat akun twitter pun, tanpa pikir panjang saya memakai nama pena.

3. Blogwalking

Blogwalking adalah keharusan jika kita ingin mendapatkan teman sesama blogger. Jangan nungguin dikunjungi terlebih dahulu ya, karena sebagus-bagusnya postinganmu, kalau gak pernah blogwalking ya gak bakal ada yang komen. Apalagi ketika sudah ada yang berkunjung dan kamu gak berkunjung balik. Duh, bisa dipastikan deh, blog sepi sunyi sendiri *ngiiik.

Bahkan yang sudah jadi seleb blog aja, kalau gak pernah blogwalking lama-lama sepi tuh blognya. Apalagi yang masih pemula.

Oh ya blogwalking ini juga bermanfaat untuk menarik rasa ingin tahu sahabat blogger lain yang kebetulan melihat komentar kita lho. Karena kalau kita memberi komentar yang baik dan menarik, tidak menutup kemungkinan blogger lain jadi tertarik mengunjungi blog kita. Gak percaya? Coba deh mulai berkomentar yang baik..tidak hanya …nice post, visit back…berkunjung gan :D

4. Konten Blog

Dalam sebuah blog tentu saja konten adalah yang terpenting. Buatlah konten blog yang menarik dan sesuai dengan minat kita. Jangan coba-coba deh jaim di blog sendiri, ntar capek lho haha. Mau nulis Ge Je (gaj jelas) juga gak masalah, kalau bisa sih selain ke-Ge-Je-an itu, kita memberi manfaat bagi pembaca. Oh ya hindari memakai bahasa alay ya, kasihan yang baca, bisa jereng matanya haha.

Bagaimana dengan artikel copas? boleh aja copas idenya dan gunakan bahasamu sendiri untuk mengemukakan pendapatmu. Karena lama-lama sahabat blogger yang berkunjung juga bakal tahu kok kalau artikelmu itu copas seluruhnya atau gak.

5. Mengikuti dan Mengadakan Giveaway

Giveawayadalah kegiatan yang dilakukan blogger untuk bagi-bagi hadiah haha. Biasanya pihak menyelenggara memberikan tema tertentu sebagai bahan tulisan bagi yang ingin mengikutinya. Nah, coba deh ikutan Giveaway yang diadakan sahabat blogger lain, ini juga cara ampuh untuk memikat blogger lain berkunjung ke blog kita. Karena sudah naluri kan, kalau kita juga penasaran tulisan peserta lain seperti apa.

Kalau kamu punya rejeki lebih, bisa dong menyelenggarakan Giveaway. Dari pengalaman teman-teman yang pernah mengadakan Giveaway, cara ini memang tokcer untuk menarik pembaca-pembaca baru di blog mereka.

Nah, itu cara-cara agar blogger pemula seperti saya agar segera bisa mendapat sahabat sesama blogger. Mungkin ada yang mau menambahkan?

4 comments:

  1. Yang terakhir sering ikutan tapi kalah mulu Mbak. xixixixi

    ReplyDelete
  2. yang terakhir aku lom pernah ngadain
    tapi pernah ikut sesekali hehehe

    ReplyDelete
  3. Mbak.. bikin tips agar konsisten nulis dong ><

    ReplyDelete
  4. Waahh..nice share mba..apalagi blog saya masih sepi mba..boleh mampir mba...salam kenal

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^