Social Icons

9 May 2012

Selamat Jalan Bu Handoko


Sabtu, tanggal 5 Mei lalu saya mendapat berita duka dari Bapak. Bapak mengabarkan kalau Bu Handoko meninggal dunia (beliau meninggal di usia 88 tahun), Bapak tahu kabar itu dari Koran, saat itu ada di rumah duka dan esoknya akan dikebumikan di Lasem, Rembang. Saya mengenal Bu Handoko sekitar tahun 2000, waktu itu saya masih kuliah. Bu Handoko adalah guru saya, di sela-sela perkuliahan saya mengambil kursus kecantikan/salon. Waktu itu sih yang maksa bapak, kata beliau supaya anak perempuan punya ketrampilan, jadi semisal nanti tidak diperbolehkan oleh suami (jika sudah menikah) untuk bekerja di luar rumah, bisa bekerja di rumah, dalam hal ini buka salon. Sebenarnya sih disuruh kursus jahit juga, tapi berhubung mata sudah minus, ntar malah tambah parah.

Balik lagi ke Bu Handoko, pertama kali bertemu beliau, beliau sudah berumur 75 tahun. Jangan dibayangkan kalau beliau seusia itu dalam posisi embah uti yang ringkih ya, justru sebaliknya, beliau masih segar bugar dan enerjik. Ya, enerjik adalah kata yang paling tepat untuk beliau. Bayangkan saja seusia itu masih belanja ke pasar sendiri, bukan hanya pasar mrican dekat rumah tapi kadang sampai pasar johar lo, yang notabene agak jauh. Itu pun naik angkot sendiri, ih kebayang gak sih kalo ada apa-apa dengan beliau. Karena itu ketika sedang  dan setelah ‘lulus jadi’ muridnya, saya masih menemani beliau untuk ke pasar johar, gak tega menolak. 

Selain membuka kursus kecantikan, menjahit dan rias pengantin (beserta buat baki lamaran), beliau juga masih aktif lo dengan salonnya walau pun pelanggannya sudah banyak yang berkurang. Kebanyakan pelanggan meminta pelayanan facial, karena memang produk untuk kulit beliau oke punya. Beliau punya resep khusus sejak dulu (di dapat ketika sekolah), untuk meramu resep itu beliau meminta bantuan seorang apoteker. Sempat bertanya mengapa memakai apoteker. Jawaban beliau, “karena apoteker sudah disumpah (seperti dokter)”, jadi resep beliau tidak bakalan bocor. Hmmmm….kesannya “Cina” banget kah?  (Mohon maaf yang beretnis Chinese, tidak bermaksud menyinggung). Memang Bu Handoko keturunan Tionghoa, ber-ayah Chinese (kata beliau asli dari Negeri Cina) dan ber-ibu orang Jawa, tepatnya Lasem, Rembang. 

Beliau hidup sendiri karena suaminya sudah lama meninggal dunia. Ketika saya menanyakan tentang anak-anak beliau, semakin saya berdecak kagum, karena putra-putri beliau bisa saya sebut “sangat sukses”. Tetapi  kenapa beliau malah memilih hidup sendiri? Karena beliau merasa masih bisa melakukan apa pun seorang diri. Untuk bersih-bersih ada pembantu pocokan yang datang setiap hari, untuk makanan biasa diantar rantangan dari rumah salah satu anak beliau yang berdomisili dekat rumah. Dalam pikiranku sih, kan enak ikut anak saja, apalagi anak-anak beliau tergolong mampu. Sepertinya beliau lebih menikmati tetap bekerja, tetap berkarya. 

Dan untuk apa beliau bekerja toh sudah tidak ada tanggungan. Ini nih yang buat ngiler, uang yang beliau kumpulkan untuk jalan-jalan ke luar negeri. Sedap banget kan. Sempat berkhayal nanti bapak ibu kalo udah pensiun kalau bisa kayak gitu juga ah. Biar mereka senang-senang, menikmati hasil kerja selama ini. 

Beliau juga sangat menjaga makanan, general  check up dilakukan rutin, tidak pernah mengonsumsi  junk food. Ketika beliau berulang tahun ke 80, saya beserta orang tua diundang ke perayaannya. Karena anak-anak beliau ingin merayakan secara besar-besaran sebagai wujud syukur beliau masih diberi kesehatan. Waktu itu saya dapat door prize kompor gas loh hehehe Alhamdulillah. Waktu pernikahanku, Bu Handoko datang di malam midodareninya, menghadiahkan dompet cantik untuk pesta. So feminin pokoke.

Mengenal Bu Handoko membuat saya malu pada diri sendiri, saya masih muda (ketika itu :P) tapi suka sekali bermalas-malasan. Sedangkan beliau yang sudah sepuh saja masih begitu bersemangat dalam berkegiatan. Saya menyebutnya ‘semangat hidup tinggi’. Di sela-sela kegiatan kursus dan melayani pelanggan salon, beliau masih sempat membuat baju sendiri, masih sempat melakukan kristik (benar gak ya tulisannya) hebatnya kristik ini bisa berbentuk pemandangan alam padahal beliau tidak meniru gambar, masih sempat merajut membuat benda-benda mungil, dan melakukan banyak hal yang berguna ‘hanya’ untuk menghabiskan waktu. Waaah…jauh banget sama saya, kalau senggang enakan jalan-jalan atau nonton tivi dan kegiatan lain yang tidak menghasilkan (kadang malah milih molor wakakak). Kalau saya bertandang ke rumah beliau, beliau ngajak bicara bahasa Inggris lo, bahkan ketika beliau ke luar negeri, beliau selalu mencari ilmu baru, tidak hanya sekedar jalan-jalan saja. Beliau ikutan kursus tentang kecantikan, katanya, metode-metode baru tentang perawatan kecantikan di luar negeri sangat sayang bila dilewatkan. Biyuh biyuh.

Mengenal beliau membuat saya mengerti  arti kata ‘berjiwa muda’ dan ‘belajar sepanjang hayat’. Terima kasih bu, karena anda saya bisa merasa malu dengan diri saya yang pemalas,  terima kasih Allah karena berkenan mengenalkanku dengan sosok wanita yang luar biasa ini. 

Selamat jalan Bu, Selamat jalan.

3 comments:

  1. Semoga arwah beliau diterima di sisi Allah Swt sesuai amal ibadahnya.
    Ketrampilan wanita sebaiknya dimiliki oleh wanita.

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Saleum,
    Innalillahi Wainnailaihi Raji'un. Semoga amal ibadahnya mendapat balasan yang setimpal dihadirat Allah Ta'ala. Aamiin.

    ReplyDelete
  3. @pakde : iya dhe...ketrampilan walau pun tidak digunakan untuk mencari nafkah tetap berguna untuk diri sendiri dan orang lain.
    @dmilano : Amin3 makasi om atas doanya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^