Social Icons

11 Jun 2012

Opera Van Oyen: Kampung Jengkol Nan Unik

Pertama kali mampir ke blog nya Mpok Oyen saya terkejut setengah modar (mati), apa pasalnya? Karena blog ini berbeda dengan blog-blog yang pernah saya kunjungi. Apa sih yang beda? Yuk mari disimak dibawah ini:
1. Maskot pandanya yang lucu
Pertama liat udah gemes banget, sambil mikir ada-ada aja nih buat maskot kok panda, biasanya orang kan lebih suka yang anggun (untuk wanita) dan gagah (untuk pria). Dari maskotnya aja udah keliatan kalau si empunya blog ini kocak banget.
 
Ini nih maskotnya, kalau mau tahu penjelasan masing-masing huruf, klik di blognya mpok Oyen ajah. Secara keseluruhan penampilan secara visual dari blog ini sangat sederhana, tidak terlalu banyak aksesoris, dan latar putih yang dipilih tidak membuat mata sakit kalau membacanya.

2. Kampung Jengkol
Blog ini mengambil setting tempat di kampung jengkol, dari namanya saja saya sudah penasaran, kampung jengkol ini beneran ada atau cuma 'tempat impian' si mpok Oyen. Walhasil saya guling-guling cari di rumah Pakdhe Google, memang ada yang namanya Kampung Jengkol, di daerah Cikupa, Banten. Tetapi penjelasan tentang Kampung Jengkol, tempat tinggalnya Mpok Oyen sepertinya sangat menarik. Baca deh disini.

3. Tokoh/Karakter
Postingan awal menceritakan para tokoh yang kerap diceritakan di blog ini, dari yang punya blog, si Oyen Maroyen bin Ipin Maripin, kemudian sahabat Oyen, Jenab si Anak Tukang Bakso, yang hobi banget sama bakso, dan tidak ketinggalan Munaroh si Guru TPA. Penjelasan tentang ketiga tokoh ini sukses membuat saya ketawa sampai guling-guling puas.

4. Bahasa
Dari segi bahasa, mpok Oyen jelas tidak menggunakan bahasa Indonesia sesuai EYD. Secara garis besar, mpok Oyen 'menggunakan' bahasa betawi dalam kesehariannya. Awal baca, saya sempat mengerutkan kening, walah bahasa apa pula ini. Banyak kosakata yang aneh tapi nyata. Tetapi setelah membaca dua cerita di blog ini, saya sudah bisa menikmati, sangat menikmati malah. Mengambil bahasa betawi sebagai bahasa blog, sungguh langkah yang cerdas dan membuat blog ini tampil beda dari blog yang lain.

5. Pesan Moral
Last but not least, tentu saja pesan moral yang ada di setiap posting. Jangan dikira dengan maskot yang lucu, bahasa yang geje, dan tokoh-tokoh yang ajaib, blog ini hanya mengetengahkan cerita lucu tanpa makna. Oh anda salah, hampir di setiap postingan ada makna yang tersirat dan tersurat. 

Coba deh baca yang, Munaroh Cari Jodoh. Jodoh adalah topik yang tak lekang oleh jaman, kalau yang sudah ketemu jodoh sih cuman nyengir aja, tapi yang belum ketemu...aduh mak pusing tujuh ronde (kok ikutan ngelantur bahasanya?). Ini nih salah satu kutipannya:

Cari jodoh juga harus sesuai syariah, jangan asal ajah, Lo mao dapat calon nyang gak amanah? Ngejalanin agama setengah-setengah, bisa-bisa jadi keluarga nyang kagak sakinah, gimana bisa dapet barokah…beuhhh…parah”  kata Oyen lagi, masih sewot lah.  Jenab cuman cengar-cengir sok kebanyakan tingkah, ampun dah.

Dalam banget kan maknanya. Dengan gaya yang kocak, pesan moral yang hendak disampaikan terkesan tidak menggurui. Cuman sayang sekali, mpok Oyen tidak terlalu sering menerbitkan tulisan (sama seperti saya hehe) Jadi kalau kita mampir di Kampung Jengkol belum tentu bisa baca cerita baru yang unik dan kocak (penonton kecewa sodara-sodara).

Dengan ini aye menyataken sebagai “peserta kuisnye Mpok Oyen”


Munaroh ame Jenab, tolong ye aye dimenangin supaye punye baju baru buat lebaran nie, pan lumayan biar ngirit :P

10 comments:

  1. Kunjungan pertama nih, disuguhi postingan nggak jelas hahahah. Baru kali ini si pemilik blog ngomongin orang lain,,,,sssttttt jng ngomongin orang lain, wkwkwkwkwk. Gantian ceritain aku+blog ku Bu hahahahah ngareppppp

    ReplyDelete
    Replies
    1. wani piro hahaha
      bikin lah giveaway dengan senang hati akan dibicarakan byk org :) banci kontes mode on :P

      Delete
  2. makasi Mpok atas partisisapinyah, semoga sukses ye di final... kemarih sekalian ngasi undangan final di balai sarbintol, mohon diterima :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya terima mpok undangannya, makasi ye :P

      Delete
  3. Oyen ..Oyen..emang khas banget gayanya ya..

    Sukses deh ngontesnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, bisa ngakak kalau baca
      Makasi mbak :)

      Delete
  4. Kunjungan blogwalking sore kawan..
    salam kenal Esty ..Sukses untuk blognya..
    Tak lupa, mengundang juga rekan blogger
    Kumpul di Lounge Event Blogger "Tempat Makan Favorit"

    Salam Bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi kunjungannya mas adang
      ada event ya
      meluncur ke tkp :)

      Delete
  5. semoga sukses dikampung jengkolnya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^