26 Oct 2017

Dimana Beli Dimsum Enak di Jakarta?

Dimana Beli Dimsum Enak di Jakarta? Saya yakin pasti sudah banyak yang tahu apa itu dimsum. Bagi yang belum tahu, dimsum itu sejenis cemilan yang biasanya dimakan sambil minum teh. Dimsum sendiri berasal dari Cina, namun seiring dengan berlalunya waktu, makanan tersebut mulai dilupakan di negeri asalnya. Sebaliknya, di Hongkong, tradisi ini masih dijaga dan bahkan cukup populer beberapa tahun belakangan ini.


Tempat beli dimsum enak di Jakarta?

Kalau kamu belum pernah makan dimsum dan kebetulan kepengen banget nyoba yang halal dan enak, sebenarnya kamu enggak perlu pergi jauh-jauh sampai ke Hongkong. Di dalam negeri sudah banyak tempat yang menjual dimsum dengan cita rasa yang tidak kalah nikmat dibandingkan dengan dimsum dari negeri asalnya.

Kalau kamu Kebetulan tinggal di Jakarta, kamu beruntung banget! Karena kamu bisa pesan beli dimsum di banyak tempat. Bisa juga kamu beli online di BambiDeal. Kenapa saya sarankan kamu buat belanja online? Selain untuk menghindari macet, kebetulan juga ada voucher makan dimsum Jakarta yang bisa kamu gunakan untuk berhemat. Lumayan loh, apalagi kalau potongan harganya bisa sampai 20% lebih.
Bagi kamu yang suka banget berburu kuliner tapi enggak pengen kantong bolong, saya rasa, berburu voucher diskon adalah cara cermat berhemat. Lumayanlah, sisa belanja bisa dipakai buat nyoba atau beli makanan yang lain.

Macam-macam dimsum

Bagi kamu yang belum begitu tau tentang dimsum, kamu bisa baca beberapa refrensi tentang dimsum di bawah ini agar bisa memilih berdasarkan selera. 
  1. Dimsum Har Gow (Hakau). Isiannya adalah udang yang dicacah lalu dibungkus dengan kulit pangsit yang transparan dan lembut.
  2. Dimsum Xiao Long Bao. Dimsum yang satu ini tampilannya cukup menarik karena disajikan warna-warni. Cemilan yang satu ini, lagi happening di Jakarta, bentuknya mirip Hakau.
  3. Dimsum Ceker. Dalam bahasa asing, dimsum ceker disebut Phoenix Claws. cara memasaknya adalah dengan direndam di bumbu saus Dauchi. Bagi kamu yang suka sama olahan ceker, dimsum yang satu ini wajib kamu coba.
  4. Dimsum Char Siu Bao. Makanan ringan yang satu ini lumayan sering kita temukan. Ya! ini adalah dimsum yang di dalamnya sering diisi dengan berbagai macam isian seperti kacang hijau, daging ayam, atau ada juga yang mengisinya dengan coklat. Di Indonesia kita mengenal dimsum ini dengan nama bakpao.
  5. Dimsum Mantao. Dimsum Mantao kurang lebih sama dengan dimsum Char Siu Bao. Hanya saja, dimsum yang satu ini hadir tanpa isi. Bentuknya mirip-mirip sama roti, karena memang adonannya mirip. Teksturnya lembut dan terasa kenyal saat dikunyah. Biasanya dimsum ini di cocol dengan susu kental manis.
  6. Dimsum Shaomai. Seperti halnya bakpao, dimsum yang satu ini juga sering kita temukan di dalam negeri. Di Indonesia, makanan ini lebih kita kenal dengan sebutan Siomay. Di negara asalnya sana, Dimsum Shaomai diisi dengan daging babi. Tapi bagi kita yang tinggal di Indonesia, yang sebagian besar hanya mengkonsumsi makanan halal, Shaomai kebanyakan diisi dengan daging ikan, ayam, atau seafood.
  7. Dimsum Lotus Leaf Rice. Dari namanya, kita bisa menebak kalau dimsum ini pasti ada unsur nasi dan daun teratainya. Nasi yang digunakan adalah nasi ketan yang dibungkus bersama-sama dengan kerang, kepiting, potongan kacang, daging, atau jamur, lalu dikukus. Daun lotus digunakan untuk membuat nasinya menjadi wangi sehingga lebih nikmat saat disantap.
  8. Dimsum Spare Ribs. Sepintas, dimsum yang satu ini memang tampak kurang cocok kalau dianggap sebagai cemilan. Mungkin lebih cocok kalau dijadikan sebagai lauk makan. Karena isi Dimsum Spare Ribs adalah daging (rib) sapi atau babi yang dipotong memanjang, kemudian dibumbui dengan saus dauchi dan ditambahkan potongan-potongan cabai. Cita rasanya pedas nikmat.
  9. Dimsum Steamed Meatball. Kalau hobi makan bakso, kamu bisa coba dimsum yang satu ini. Dimsum ini biasanya dibuat dari daging babi pilihan, yang cara pembuatan kurang lebih sama seperti bakso. Walaupun sama-sama berkuah, namun penyajian dimsum steamead meatball sedikit berbeda.
  10. Dimsum Tofu Skin Roll. Kulit luar dimsum ini adalah tahu. Biasanya diisi dengan aneka macam daging, jamur, atau ada juga yang mengisinya dengan sayuran. Dimsum Tofu Skin Roll kadang-kadang disajikan sedikit lembek dan basah, namun ada juga yang disajikan dalam bentuk kering atau garing.
  11. Dimsum Spring Roll. Tampilan dimsum yang satu ini pasti sudah tidak asing. Yup! Tampangnya persis sama seperti lumpia. Isinya juga nggak jauh beda. Spring roll biasanya diisi dengan wortel, jamur, daging cincang, atau berbagai jenis sayuran lainnya sesuai dengan selera.

7 comments:

  1. sedih mbak udah tuwir begini belum pernah makan dimsun sayanya

    ReplyDelete
  2. Aku makan dimsum kalau di kondangan aja :D
    Pengen si makan dimsum di restoran gitu, tapi aku belum tau kehalalannya. Karena beberapa resto yang menyediakan dimsum juga menyediakan arak juga kan :D

    ReplyDelete
  3. Menu iNi nyicipnya paling pas kondangan nikahan aja aku mba...

    Lidahku Jawa banget.😃😃

    ReplyDelete
  4. plg suka dimsum hakau, ceker ayam (padahal dulu mah amit2 makan ceker ayam) sama siew mai (shiomai)... nyam, nyam... baru baca artikelnya aja udah ngeces lagi...

    ReplyDelete
  5. Kalau ceker mah ogah, sampai sekarang masih jijik ngebayanginnya, mending yang isi udang aja :0

    ReplyDelete
  6. Wah, masukin wishlist ah klo main ke jakarta wajib cobain ini

    ReplyDelete
  7. Hmm..hmm...hujan2 begini enaknya makan ini anget2.
    jadi kapan kita ngeDimsun bareng Maaak?

    btw, apa kabarnya niy, lama ga main bekel di sini ..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^