Social Icons

14 Jul 2017

Mengenal Anyang-Anyangan dan Cara Mengobatinya

Diantara kita pasti sudah banyak yang akrab dengan istilah "anyang-anyangan," tapi mungkin masih sedikit yang mengenal dan tahu kalau anyang-anyangan dalam dunia medis disebut Infeksi Saluran Kemih (ISK). Infeksi ini biasanya melibatkan ureter, kandung kemih, uretra; dan ginjal apabila sudah sangat parah dan tidak segera diobati.

Infeksi ini lebih sering dialami oleh orang dewasa dibandingkan anak-anak. Namun infeksi yang terjadi pada anak-anak sangat mungkin lebih serius dibandingkan dengan orang-orang dewasa, terutama anak-anak yang masih berusia muda.


Apa penyebab anyang-anyangan?

90% infeksi diakibatkan oleh bakteri yang bernama Escherichia coliatau dikenal juga dengan istilah E. coli. Bakteri ini biasanya hidup di usus (kolon) dan di sekitar anus. Bagaimana bakteri ini bisa berpindah dari usus/anus menuju ke saluran kemih?

Bakteri ini dapat berpindah tempat dengan beberapa cara, diantaranya adalah, kebiasaan cebok dari belakang ke depan. Atau kebiasaan cebok tanpa membersihkan tangan kemudian membersihkan kemaluan. Atau, bisa juga melalui hubungan seksual.

Menurut ahli kesehatan, orang yang kandung kemihnya terblokir beresiko lebih mudah terkena infeksi. Begitu juga dengan orang yang memiliki penyakit batu ginjal. Selain itu, orang yang mengalami cedera sumsum tulang belakang, yang biasanya tidak bisa mengosongkan kandung kemih hingga benar-benar sempurna, berpotensi mudah mengalami anyang-anyangan.

Beberapa gejala anyang-anyangan

Berikut adalah beberapa ciri-ciri atau gejala yang sering muncul apabila seseorang mengalami Infeksi Saluran Kemih.

l  Demam tinggi bisa mencapai 38 derajat Celcius
l  Menggigil
l  Muntah
l  Mual
l  Nyeri di bagian pinggang belakang atas samping
l  Pada bayi biasanya ditandai dengan tidak nafsu makan, penyakit kuning, demam, atau hipertermia.
l  Lesu
l  Kehilangan nafsu makan
l  Perih saat buang air kecil
l  Buang air kecil sediki-sedikit dan sering

Wanita hamil juga sangat beresiko terkena anyang-anyangan karena kandung kemih mereka tertekan oleh rahim, menyebabkan kandung kemih terblokir. Mereka dianjurkan untuk memeriksakan urine pada kunjungan prenatal ke dokter untuk mengetahui apakah mereka ada infeksi atau tidak.Ibu hamil dianjurkan untuk memeriksakan diri karena ISK sebenarnya dapat menyebabkan komplikasi kesehatan bagi ibu hamil.

Pencegahan dan pengobatan

Salah satu obat terbaik yang bisa mencegah dan memelihara kesehatan agar tidak mudah terkena Infeksi Saluran Kemih atau anyang-anyangan adalah, obat alami bernama Uricran (uri-cran) yang terbuat dari ekstrak buah cranberry. Mengapa obat ini dianjurkan? Karena sebenarnya anyang-anyangan bisa diatasi dengan mudah menggunakan buah cranberry.

Jika Anda punya dan bisa menemukan buah cranberry dengan mudah ditempat anda, maka makan buah cranberry yang segar jauh lebih dianjurkan. Namun jika kesulitan untuk menemukan buah cranberry, Anda dianjurkan mengkonsumsi obat alami (uricran) ini yang bisa ditemukan dengan mudah di toko obat atau di apotek.

Cara lain yang bisa Anda coba jika anyang-anyangan belum parah adalah dengan banyak minum air putih, agar lebih sering buang air kecil sehingga kemungkinan besar bakteri penyebab infeksi akan ikut terbuang bersama air seni. Jika demam lebih dari 2 hari, Anda dianjurkan memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, untuk mengatasi bakteri, dokter akan memberikan resep antibiotik.

3 comments:

  1. wahh... pernah ngalamin yang kayak ginian yah.. cuma baru tahu namanya anyang-anyang.. haha..

    ReplyDelete
  2. aku juga selalu bawa uricran mbak paling pas untuk mengatasi anyang-anyangan

    ReplyDelete
  3. Pernah ngalamin, rasa nyerinya duuhh tak tertahankan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar ^_^